Soal PPG TKJ Pedagogik Tahun ini

Soal PPG Pedagogik TKJ Guru SMK – Bapak ibu yang akan menghadapi tes seleksi akademik ppg dalam jabatan tahun 2022 dapat mecoba soal latihan pretes ppg daljab TKJ tahun sebelumnya sebagai referensi untuk dapat mengerjakan Soal Pedagogik PPG TKJ Guru SMK.
Soal Pedagogik PPG TKJ Guru SMK ini murni dari FR teman – teman guru SMK Jurusan TKJ yang telah lulus seleksi akademik dan telah mengikuti pendidikan profesi guru Tahun 2021.
Upaya yang paling tepat dilakukan oleh guru untuk dapat meningkatkan kompetensinya agar karir dapat berkembang adalah ….
a. Berpartisipasi pada acara rapat-rapat
b. Berlangganan jurnal penelitian Pendidikan
c. Aktif berpartisipasi sebagai peserta seminar, membuat karya ilmiah dan karya teknologi
d. Melaksanakan PTK atau sejenisnya dan publikasi ilmiah
e. Melaksanakan kolaborasi dalam melaksanakan PTK
- soal pppk kompetensi manajerial dan sosial
Strategi yang tepat untuk mengembangkan potensi diri adalah …
a. Mengenali teman terdekat yang memberikan support
b. Mencari tahu kelebihan dan menutupi kekurangan diri
c. Open minded terhadap saran dan kritik
d. Tidak mencoba hal-hal yang baru
e. Melakukan hal-hal yang baik saja
Tindakan yang TIDAK TEPAT dilakukan oleh seorang guru atau orang tua dalam kehidupan social anak adalah …
a. Membatasi dan menyeleksi pergaulan anak agar lebih sehat jiwa dan raganya.
b. Memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuannya.
c. Membangun rasa percaya diri dengan cara melatih mencintai dirinya dan lingkungan
d. Menginzinkan anak bersosialisasi dengan lingkungan rumah dengan cara mengundang teman-temannya datang kerumah.
e. Memberi kebebasan anak untuk berteman dan bertemu siapa pun tanpa mengenal suku ras dan budaya serta agama.
Pembelajaran remedial pada hakikatnya merupakan pemberian bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau belum memenuhi KKM. Jika dalam satu kelas terdapat 20 siswa yang akan mengikuti remedial dari 36 siswa, maka bentuk remedial yang tepat adalah ….
a. Mengerjakan soal-soal yang telah diberikan sebelumnya
b. Pemanfaatan tutor sebaya
c. Memberikan tugas kelompok dengan topik pembelajaran sebelumnya
d. Memberikan bimbingan secara perorangan
e. Memberikan pembelajaran ulang dengan media dan metode yang berbeda.
Komunikasi dikatakan efektif apabila seseorang berhasil menyampaikan apa yang di inginkkan kepada orang lain. Kemampuan komunikasi efektif dapat terjadi Ketika seseorang memiliki keyakinan kepada dirinya dan kemampuan untuk mencapai tujuan komunikasi. Tindakan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tersebut dengan cara …
a. Meningkatkan kecerdasan emosional dalam berbicara
b. Mendengarkan dan memahami
c. Konsentrasi
d. Self efficacy
e. Respectfulnes
Salah satu penerapan Teknik komunikasi yang efektif, ditandai dengan adanya usaha untuk mempengaruhi lawan bicara dari suatu pernyataan umum yang dilontarkan, dapat diwujudkan dalam bentuk pesan berisi ide, pendapat-pendapat, fakta-fakta dan pengalaman. Teknik tersebut merupakan Teknik …
a. Redundancy
b. Canalizing
c. Informatif
d. Persuasif
e. Edukatif
Cara guru dalam mengevaluasi kesiapan siswa dikelas dalam melaksanakan pembelajaran adalah …
a. Pretest, absensi siswa, dan memberikan materi pelajaran
b. Memberikan materi pelajaran, absensi siswa, dan memberikan tugas
c. Memberikan pengarahan, memberikan tugas, dan bertanyajawab dengan siswa
d. Motivasi, memberikan pengarahan, dan absensi siswa
e. Memberikan pemahaman, menyiapkan tes, dan absensi siswa
Indikator Kompetensi :Menjelaskan prinsip – prinsip computer
Jika seorang guru akan Menyusun menjadi Tujuan Pembelajaran, maka rumusan yang tepat adalah ….
a. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip computer dengan benar
b. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip computer dengan benar
c. Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip computer
d. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan mengenai kerusakan computer
e. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, guru dapat menjelaskan prinsip-prinsip computer dengan benar
Seorang pendidik haruslah bersikap adil dalam memperlakukan semua peserta didiknya. Jika terdapat seorang pendidik yang menganggap peserta didik yang berasal dari suku bangsanya sendiri adalah yang paling baik dan mengabaikan kepentingan peserta didik dari sukubangsa yang lain, maka pendidik tersebut menunjukkan sikap ….
a. Provinsialisme
b. Primordialisme
c. Chauvinism
d. Ekstrimisme
e. Sukuisme
Guru memberikan tes pilihan ganda sebagai proses penilaian hasil belajar mata pelajaran Teknik Komputer. Hasil penilaian menunjukkan Sebagian besar siswa mengalami kesulitan menjawab soal tersebut. Setelah di analisis, ternyata soal tes yang tidak bisa dijawab adalah materi yang tidak ada dalam RPP
Disini terlihat kelalaian guru dalam membuat soal disebabkan karena …
a. Siswa menjawab dengan cara menerka
b. Butir soal tidak mempresentasikan kemampuan siswa
c. Soal pilihan ganda tidak mengembangkan daya nalar siswa
d. Pembuatan soal yang tidak mengacu kepada indicator RPP
e. Pengembangan butir soal tidak memperhatikan kompetensi siswa
Seorang guru melakukan KBM melalui pembuatan perencanaan pembelajaran, menyampaikan materi, memberikan tugas, mengadakan ulangan harian, semester dan akhir Semester. Semua proses dilaksanakan secara terus menerus dan bertahap. Dari setiap tahap, guru mengumpulkan informasi yang akan diolah untuk menghasilkan nilai.
Penilaian yang dilakukan oleh guru tersebut menggunakan prinsip ….
a. Terbuka
b. Berkesinambungan
c. Terpadu
d. Objektif
e. Valid
Guru TKJ akan melakukan proses penilaian di akhir pembelajaran. Guru Menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dasar. Konsep pertama kali yang harus dipertimbankan oleh guru dalam Menyusun instrument penilaian adalah …
a. Buku dan sumber belajar lain yang digunakan
b. Pengetahuan awal siswa terkait materi computer dasar
c. Tujuan penilaian apakah untuk mengetahui capaian pembelajaran
d. Indicator pencapaian kompetensi mata pelajaran computer dasar
e. Kurikulum dan silabus mapel computer dasar